Tips Cara Mempercepat Tarikan Motor - Perbandingan kompresi mesin sebenarnya telah disesuaikan pabrik tergantung bahan bakar dan kegunaan motor. Namun melihat kenyataan yang sering ada, kompresi dari pabrikan biasanya diatur lebih rendah dari yang seharusnya. Hal ini dapat kita rasakan ketika motor baru terkadang terasa kurang memuaskan.
Sebenarnya ada cara yang paling mudah untuk meningkatkan kompresi yaitu dengan mengatur ketebalan packing kepala silinder dan paking blok. Caranya dengan mengurangi ketebalan packing sehingga dapat mempersempit volume ruang bakar.
Enggak heran, mesin baru bikinan pabrik jarang memuaskan, bagi yang tidak puas. Jarang manusia ada puasnya. “Biar puas, kompresi bisa dinaikkan dengan cara memainkan ketebalan packing kepala silinder dan paking blok,” kata Danang C-duckz, mekanik Cemani Racing, Yogyakarta. Contoh packing generasi Honda C-series macam Honda Grand, tebalnya mencapai 0,9 mm yang terdiri dari 3 lapis. Suzuki FU 150 juga bisa memakai trik serupa. Biar kompresi naik, packing dipereteli tinggal 1 lapis, hanya dipakai lapisan tengannya yang tebalnya 0,25 mm.
Misal mesin C-series berkapasitas 97,1 cc (diameter piston 50 mm dan stroke 49.5 mm) berkompresi 8. Jika dihitung, volume ruang bakarnya : (97,1/(8-1) = 13,87 cc. Paking 0,9 mm memiliki volume = 0,785x50x50x0,9/1.000 = 1.766 cc. Volume paking 0,25 mm = 0,785x50x50x0,25/1.000 = 0,49 cc. Volume ruang bakar akhir = 13,87 – (1,766-0.49) = 12,594 cc. Perbandingan kompresi sekarang jadi (97,1/12,594) + 1 = 8,71. Alias 8,71 : 1.
Source : Maniak Motor